Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Gangguan Tikus di Rumah

Cara Mengatasi Gangguan Tikus di Rumah | Jengkel dengan tikus yang berkeliaran di dalam rumah anda? Ingin tahu cara mengatasi tikus yang bandel itu? Kebersihan ruangan, terutama bagian dapur yang menjadi area paling mungkin sebagai tempat tikus mencari makan, dan juga ruangan lain di rumah anda tetap menjadi kunci apakah tikus akan merasa nyaman atau akan memilih pergi. Meski rasa-rasanya, mau ruangan anda bersih atau kotor, tikus tetap merasa berbahagia dan kerasan meraja di rumah anda.


Langkah pertama adalah cermati, seluruh area yang mungkin bisa menghubungkan bagian dalam rumah dan bagian luar. Amati semua lubang yang terlihat. Jika ada lubang ya sedikit lebih dari diameter pensil, segera tutuplah lubang itu, karena itu sudah cukup untuk tikus rumah kecil untuk leluasa keluar masuk.

Tempat mana saja yang harus diperiksa?

Pondasi rumah

Batas antara tembok dengan keramik, terkadang berlubang, atau plesterannya tidak cukup baik. Terkadang juga kita dengan sengaja membuat lubang pada tembok, mungkin untuk instalasi listrik, LAN, atau telepon. Terkadang pula ada sisa lubang yang tidak terpakai. Lubang itu sendiri mungkin tidak terlalu masalah jika tikus tidak punya kemampuan memperbesarnya. Percayalah, kalau ada lubang di dinding, dan anda bisa memasukkan pensil ke dalamnya, maka rumah anda is a real sitting duck for the rats. Gunakan material yang kuat untuk menutup lubang tersebut.
tikus rumah

Jendela dan pintu rumah

Kedua, cek kembali jendela dan pintu rumah. Tikus-tikus relatif lebih aktif pada malam hari. Jika Anda memiliki kebiasaan membuka jendela pada malam hari, cobalah gunakan saringan udara (window screen) untuk menghindari masuknya tikus ke rumah.

Pintu garasi

Ketiga, periksalah pintu garasi. Biasanya, pintu garasi sedikit lebih terangkat dari permukaan ketimbang pintu rumah. Celah ini merupakan pintu masuk yang begitu lebar bagi tikus. Periksa juga adanya retak atau lubang di sekitar dinding garasi, seperti ketika Anda mengecek fondasi.

Pipa-pipa

Keempat, periksalah pipa-pipa, terutama pipa yang sudah tidak digunakan. Pipa bisa menjadi jalan masuk bagi tikus-tikus kecil. Berikan perhatian lebih bagi lokasi masuknya pipa tersebut ke dalam rumah. Tidak hanya pipa yang sudah tidak lagi digunakan, jika ada ruang antara pipa dan dinding rumah, tikus pun bisa menyelinap di celah tersebut.

Tempat-tempat yang tertutup perabot dan furnitur

Setelah mengecek semua lubang dan celah yang kemungkinan ada, segeralah membersihkan rumah Anda. Bebaskan dapur, bahkan kamar tidur dari remah-remah makanan. Jangan lupa mengecek sisi-sisi "tersembunyi" di balik perlengkapan dapur, termasuk di permukaan kompor. Hindari kebiasaan makan di dalam kamar tidur.

Terakhir, simpan makanan kering dalam wadah kedap udara, termasuk makanan binatang peliharaan. Semoga sekarang rumah anda aman dari gangguan tikus. sumber: www.brightnest.com

1 komentar untuk "Cara Mengatasi Gangguan Tikus di Rumah"

Tia 20 April 2015 pukul 13.18 Hapus Komentar
Thanks untuk infonya