Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Cat Tembok Belang Seperti Basah

Cara mengatasi cat tembok belang seperti basah berikut ini bisa anda coba sendiri dengan mudah dan biaya relatif murah. Meskipun untuk memastikan cat tembok belang ini tidak muncul lagi di kemudian hari, bahan yang bagus untuk melakukan pengecatan ulang sangat disarankan.

Cat tembok belang seperti basah ini biasanya muncul pada tembok yang berada dalam keadaan lembab.Seperti tembok yang dbaliknya adalah kamar mandi, tembok dalam rumah dimana bagian luarnya tidak di plester, atau tembok yang dibaliknya adalah tanah.

Terkadang kita memang tidak bisa menolak posisi tembok yang tidak ideal seperti itu. Sehingga masalah cat tembok belang seperti basah ini terjadi pada tembok anda.

Ada kalanya juga, meskipun tembok berada dalam posisi yang ideal (kering, ruangannya punya ventilasi udara yang bagus, mendapat cukup sinar dan panas), tetapi ternyata masalah cat tembok belang seperti basah ini masih terjadi juga.

Maka, sebelum kita bahas bagaimana cara mengatasi cat tembok belang seperti basah ini, ada baiknya kita lihat dulu macam-macam penyebabnya.

baca juga: Tips Mencari Tukang Bangunan Yang Murah Hasil Kerja Bagus

Penyebab cat tembok belang-belang tampak basah

  • kondisi pengecatan yang tidak ideal
  • pondasi yang gagal menahan rembesan air ke atas
  • kualitas plesteran dinding yang kurang bagus
  • ada retakan, kebocoran, atau porousitas permukaan dinding yang tidak rata
  • cat bersifat porous
Cat tembok belang seperti basah. Foto oleh: Esther Dyah Puspitasari

Kondisi pengecatan yang tidak ideal

Idealnya, pengecatan tembok sebaiknya dilakukan ketika tembok tadi sudah benar-benar kering.

Jika tembok berikut plesteran dikerjakan dalam musim kemarau, maka biasanya dalam waktu kurang lebih 1 minggu, sudah bisa dimulai di cat.

Ini waktu yang agak memaksa. Lebih lama dan lebih kering akan lebih baik hasilnya, dan masalah cat tembok belang seperti basah ini akan lebih bisa dihindari.

Jika pengerjaan tembok dilakukan pada masa musim penghujan, maka pastinya anda akan butuh waktu lebih lama lagi.

Dalam keadaan tertentu, dalam waktu 1 bulan sekalipun, tembok rumah baru masih bersifat basah dan menyimpan air, sehingga belum layak dilakukan pengecatan.

Tembok yang basah, terlebih yang baru, masih memiliki kadar air dan alkali yang tinggi. Ini bisa berpengaruh buruk pada hasil pengecatan anda.

Bahan yang bagus kadang tidak banyak membantu.

Kualitas pondasi yang kurang bagus

Selain berfungsi sebagai tulang penguat bangunan rumah anda, pondasi juga punya peran untuk menahan laju kapiler air dari tanah ke dalam tembok.

Terutama pada daerah yang tanahnya bersifat sangat basah, pondasi yang bagus sangat diperlukan.

Jika pondasi rumah anda bagus, maka air tanah akan tertahan dan tidak merambat ke atas melalui tembok.

Setidaknya, coba anda pastikan, pada ketinggian 30 cm dari permukaan tanah, bata pada tembok anda tidak basah menyimpan air. Mau tidak mau, anda harus sedikit membuka plesteran tembok untuk melakukannya.

Kalau hanya lembab-lembab sedikit, ini tidak akan terlalu berpengaruh. Tetapi kalau bata sampai terlihat sangat basah, ada baiknya anda pertimbangkan untuk membuat tanah di sekitar tembok tadi lebih kering.

Kalau sampai harus bongkar pondasi dan membangun ulang temboknya kan jadi terlalu mahal dan tidak efesien. Mending dicoba dulu memperbaiki lingkungannya.

Kualitas plesteran dinding yang kurang bagus

Kalau tanah di daerah anda bersifat kering, plesteran dinding dengan kualitas sedang saja sudah cukup dan cat tembok akan terhindar dari bercak belang seperti basah itu.

Beda banget jika kualitas plesteran tembok anda tidak terlalu bagus.

Sama dengan pondasi tadi.

Air bisa merambat kapiler dan masuk melalui pondasi, dan selanjutnya tentulah ke dalam tembok. Maka benteng yang kemudian bisa diharapkan memerangkap air tetap di dalam adalah plesteran tembok ini.

Plesteran tembok yang bagus akan melanjutkan tugas sekunder pondasi untuk menahan laju rembetan air ke atas.

Ada retakan, kebocoran, atau porousitas permukaan dinding yang tidak rata

Terkadang bisa terjadi juga, plesteran yang sebenarnya berkualitas lumayan bagus, tetap mengalami cat tampak belang dan basah.

Kemungkinannya adalah ada retakan pada plesteran tersebut. Bisa juga karena porousitas (daya tahan terhadap rembesan) yang tidak merata.

Karena tidak merata, maka wajar jika cat tembok jadi terlihat belang-belang.

Cat bersifat porous

Jika pondasi gagal menahan rembesan kapiler air, demikian juga dengan plesteran tembok, maka yang terakhir bisa menahan air adalah cat tembok itu sendiri.

Rata-rata cat tembok interior bersifat porous. Maksudnya tidak kedap atau berpori-pori. Sementara cat tembok untuk eksterior (rata-rata membawa iklan bisa dibersihkan dengan digosok pakai air itu) bersifat kedap alias tidak porous.

Harga cat tembok eksterior rata-rata lebih mahal dibanding cat tembok interior. Sehingga cat tembok belang ini biasanya terjadi pada dinding dalam ruangan.

Toh, kalau terjadinya di luar ruangan rumah, sang pemilik juga bisa agak cuek, hehe….

Cara mengatasi cat tembok belang seperti basah

Pastinya, anda harus melakukan pengecatan ulang. Dan catatan khususnya adalah gunakan bahan bagus dan teknik pengecatan yang benar. Seperti apa?

Begini langkah awalnya….

  • bersihkan tembok yang belang tadi dari sisa cat lama. Ini akan membuka pori-pori sehingga air di dalam tembok bisa menguap lebih cepat.
  • jika ada jamur, bersihkan dengan larutan kaporit lalu bilas dengan air bersih, dan biarkan kering. Anda bisa menggosoknya juga.
  • perbaiki retakan pada tembok dengan dempul yang kualitasnya bagus.
  • pastikan tidak ada kebocoran atau rembesan pipa air

Langkah pengecatan untuk memperbaiki cat tembok belang seperti basah

Setelah bisa dipastikan plesteran tembok tadi bersih dan kering, silahkan memulai proses pengecatan dengan…
  • mengaplikasikan 1 lapis lapisan sealer / cat dasar / cat primer yang bagus dan memiliki ketahanan alkali yang tinggi. Biarkan sampai benar-benar kering.
  • aplikasikan lapisan cat akhir sampai rata. Gunakan cat dengan kualitas adhesion dan water resistance yang bagus. Anda bisa coba cat tembok Dulux.
Dan sekarang, anda bisa berharap, tembok anda tidak akan dihiasi dengan pola abstrak seperti awan yang bikin tembok terlihat tidak bersih itu.

Kalau seandainya langkah di atas masih gagal juga, karena memang lingkungannya tidak bisa diperbaiki menjadi lebih kering, alternatif lainnya adalah anda bisa pasang keramik dinding saja sekalian.

Ini memang tidak bisa dilakukan pada semua tembok, tapi bisa dipertimbangkan. Semoga membantu.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Cat Tembok Belang Seperti Basah"