Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membangun Rumah Yang Sejuk di Segala Cuaca

Membuat rumah yang sejuk | Konstruksi bangunan hunian sebaiknya dibuat supaya bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Tujuannya tidak lain supaya rumah bisa terasa nyaman ditinggali. Kenyaman rumah sangat terpengaruh dengan suhu ruangan di dalamnya. Apalagi bagi kita yang tinggal di Indonesia yang notabene negara tropis dengan kelembaban tinggi. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika membuat rancangan denah rumah tinggal kita supaya suhu tetap terjaga sehingga kita bisa merasa nyaman dengan biaya murah tanpa AC (kecuali kalau sudah terpaksa, hehe….)
Inilah beberapa tips membangun rumah yang sejuk di segala cuaca:
Rancangan rumah
Menjaga suhu rumah tetap rendah dapat dimulai dari proses perancangan. Ketika merancang, perhatikan luas tanah yang Anda miliki. Alangkah baiknya, jika Anda mampu menanam pohon dan tanaman lain di sekeliling rumah. Selain menghalau sinar matahari untuk pohon besar, daun-daun hijau juga mampu menyediakan oksigen dan memberikan kesejukan bagi Anda.
Material Bangunan
Selanjutnya, Anda dapat memilih material yang mampu mendinginkan suhu rumah. Material tersebut adalah ijuk atau susunan bilah bambu. Selain itu, genteng tanah liat juga dapat menjadi pilihan.
Namun, jika Anda memilih dak beton, usahakan Anda membuat taman di atap rumah. Taman mampu menurunkan suhu ruangan di bawahnya.
Sirkulasi Udara di Dalam Rumah
Salah satu kunci membuat udara lebih dingin atau setidaknya mencapai suhu udara yang nyaman ditempati adalah membuat desain yang mampu memastikan adanya perputaran udara di dalam rumah. Secara alami, udara akan bergerak dari ruang bertekanan tinggi (bersuhu rendah) ke ruang bertekanan rendah (bersuhu tinggi) hingga mendapatkan keseimbangan.
Dengan adanya perputaran udara, dapat dipastikan ruangan tersebut memiliki temperatur cukup nyaman. Caranya, Anda bisa menyediakan ketinggian langit-langit yang cukup dan banyak ventilasi. Pastikan Anda merancang rumah dengan plafon lebih dari 3,5 meter. Plafon berukuran 4 hingga 5 meter bisa membantu Anda mengurangi penggunaan AC.
Ruang yang ada di atas plafon dan di bawah genteng Anda akan membuat bantalan udara. Suhu panas yang masuk ke dalam bangunan dapat "terperangkap" dan tersimpan dalam rongga plafon. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda dapat membuat celah antara atap dan plafon.
Ciptakan "kulit kedua"
Secara sederhana "kulit kedua" ini bisa Anda buat dari tanaman rambat. Tanaman tersebut mampu mengurangi panas matahari yang masuk ke dalam ruangan.
Selain dari tanaman rambat, "kulit kedua" juga bisa Anda buat dari kayu, misalnya membuka-tutupnya seperti jendela. Jika memiliki halaman, biarkan rumput memenuhi halaman rumah Anda. Hindari penggunaan semen atau keramik yang memantulkan sinar matahari.
Manfaatkan Solusi "kosmetik"
Anda juga dapat membuat rumah lebih dingin dengan solusi "kosmetik". Maksudnya, Anda hanya menambahkan beberapa hal yang tidak berhubungan dengan konstruksi rumah. Misalnya, penambahan kaca film dan penggunaan pendingin udara.
Penambahan kaca film mampu membuat rumah Anda lebih "adem". Jangan bayangkan rumah Anda akan gelap seketika dengan penggunaan kaca film. Kaca film terbuat dari polyester terdiri atas lapisan lem, anti-ultraviolet, lapisan anti-infra merah, lapisan logam, dan anti-gores. Sinar infra merah membuat sinar matahari terasa panas.
Sinar ultraviolet memang bisa membuat warna perabotan Anda cepat pudar. Dengan kaca film, efek sinar matahari akan berkurang, namun rumah Anda tidak serta-merta menjadi gelap.
Penggunaan AC
Khusus Anda yang menggunakan pendingin udara (AC), ada baiknya menghindari penggunaan dehumidifier atau alat pengurang kelembaban secara bersamaan. Dehumidifier akan meningkatkan kapasitas pendinginan dan membuat AC Anda bekerja lebih keras. Jangan lupa, bersihkan juga AC Anda secara berkala! sumber: Kompas Properti

Posting Komentar untuk "Tips Membangun Rumah Yang Sejuk di Segala Cuaca"