Tanaman Apotik Hidup

Tanaman Apotik Hidup | Dikala pengobatan modern dianggap sebagai obat utama untuk semua penyakit yang kita alami, banyak orang semakin tertarik untuk kembali menggunakan obat-obatan alami dengan langsung menggunakan bahan obat dari tanaman. Selain lebih alami dan relatif aman dari efek samping, tanaman obat juga murah dan manjur.

Yang biasanya membuat orang enggan menggunakan obat langsung dari tanaman adalah karena efeknya yang biasanya butuh waktu lebih lama dari obat-obatan hasil olahan pabrik. Juga karena biasanya butuh waktu untuk menyiapkannya, harus merebus atau menghaluskannya lebih dulu, sebelum bisa dipakai. Meski sebenarnya soal kemanjurannya, mereka sama sekali tidak kalah dari obat kimia dari pabrik farmasi.

Yang juga menjadi penyebab orang lebih memilih obat jadi adalah karena terkadang sulit menemukan tanaman obat di lingkungan kita sendiri. Untuk itulah kita sekarang mencari tahu tanaman untuk mengisi apotik hidup di rumah kita sendiri.Tanaman Apotik Hidup

Jahe, Kunyit, Sereh, dan Lengkuas

Anda tentu cukup familiar dengan ke-empat tanaman wajib apotik hidup yang saya sebutkan diatas. Selain mereka semua itu adalah bumbu penting dalam setiap masakan Indonesia, juga karena khasiat mereka yang luar biasa untuk mengatasi masalah kesehatan ringan yang biasa kita derita.

Misalnya Jahe, khasiat utamanya adalah untuk menghangatkan badan. Anda tentu pernah minum wedang Jahe bukan?

Kunyit adalah antibiotik alami yang sangat baik untuk mencegah terjadinya infeksi ketika kulit kita terluka, entah luka sayat atau luka gores. Selain itu, jika dicampur dengan asam, madu dan gula batu, dia bisa menjadi penambah nafsu makan yang efektif.

Sereh, atau mungkin anda mengenalnya sebagai Serai, adalah tanaman wajib bumbu masakan Rawon yang enak itu. Nah, mungkin anda belum tahu jika Sereh juga tanaman yang bisa mengusir nyamuk dari rumah anda. Anda juga bisa menggunakan potongan batang sereh untuk mengusir semut dan kecoa dari rumah anda.

Lengkuas biasa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kulit seperti panu.

Secara visual, memang mereka kurang menarik jika ditanam sebagai tanaman hias. Kita bisa mengakalinya dengan menanam mereka di dalam pot yang cukup besar secara bersama-sama. Punya 2 pot berukuran sedang berisi mereka ber-empat cukup untuk kebutuhan keluarga anda selama beberapa bulan. Asal dirawat dengan baik, cukup pupuk kandang dan air saja.

Sirih

Jika ada anggota keluarga anda yang mudah mimisan, tanamlah Sirih, dan gunakan daunnya untuk menghentikan pendarahan di hidungnya. Selain itu, Sirih juga adalah antiseptic alami yang sangat bagus. Pernah dengar kalau Sirih bisa digunakan untuk mencuci daerah kewanitaan kan?

Tampilan Sirih juga bagus. Terlebih jika daunnya hijau pekat mengkilap. Anda boleh-boleh saja memilihnya sebagai tanaman merambat untuk menutupi permukaan tembok yang tidak rata atau dibuatkan penopang khusus. Sirih juga terlihat cantik dibiarkan merambati tiang rumah.

Jika anda suka tanaman merambat, silahkan baca 10 Pilihan Tanaman Merambat Yang Cantik

Jambu Biji

Anda memang butuh tempat agak luas untuk tanaman apotik hidup yang satu ini. Tapi itu sepadan dengan manfaat yang bisa diberikannya. Pucuk daun Jambu Biji bisa digunakan sebagai obat diare yang efektif. Sementara buah Jambu Biji sendiri adalah sumber vitamin C yang sangat bagus.

Jika tidak suka dengan bijinya, anda bisa membuat jus jambu biji yang enak dan menyehatkan.

Buah Delima

Tampilannya cantik. Dengan daun yang runcing-runcing terkesan eksotis. Terserah mau Delima Merah atau Delima Putih, mereka sama-sama punya khasiat yang bagus untuk kesehatan.

Buah Delima ini kaya sekali dengan antioksidan polyphenols, seperti tannin dan anthocyanin.

Anda bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan mengonsumsi jus buah delima setiap hari. Vitamin C di dalam Buah Delima juga tergolong tinggi. Itu artinya bagus untuk membantu mempertahankan kekebalan tubuh anda dari penyakit musiman seperti flu.

Beberapa penelitian mengenai Buah Delima juga menyebut jika buah yang cantik ini bisa memperlancar aliran darah, menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke, memperlambat efek Alzheimer, menurunkan tekanan darah buat mereka yang terkena darah tinggi, membersihkan pembuluh darah dari penumpukan plak, menjaga kesehatan tulang rawan dan juga gigi.

Wow! Hebat banget kan? Ini jelas tanaman wajib untuk apotik hidup anda. Sudah bentuk tanaman dan buahnya cantik, manfaatnya juga luar biasa.

Sambiloto

Manfaat Sambiloto (Andrographis paniculata) untuk kesehatan ada banyak sekali. Terutama karena kandungan Andrographolide, senyawa lakton diterpenoid bisiklik yang bisa melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Ingin hati yang lebih sehat? Manfaatkan Sambiloto. Sambiloto juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker loh. Karena Andrographolide juga menurunkan ekspresi enzim CDK4 (cyclin dependent kinase 4).

Tentu masih banyak lagi tanaman apotik hidup yang bisa anda tanam. Ada Kumis Kucing yang sekarang semakin sulit cari bibitnya itu, Temulawak, Jintan, Beluntas, dan banyak lagi.

Jika lahan kita benar-benar terbatas, tidak salah untuk menanam mereka di dalam pot. Jika tidak bisa menaman dalam jumlah banyak, maka anda mungkin bisa mengajak tetangga yang juga peduli dengan tanaman apotik hidup ini, sehingga bisa saling tukar tanaman ketika memerlukannya.

Jangan biarkan teman-teman anda tidak tahu info ini. Share sekarang juga.

0 Response to "Tanaman Apotik Hidup"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi mohon yang sopan dan terkait dengan posting.
Setiap komentar yang ada live link di dalamnya akan dihapus.
Jika ingin mencari backlink, silahkan menggunakan kata kunci sebagai nama, dan url di isi dengan alamat situs atau blog anda.
Terima kasih ...