Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengusir Kecoa dan Semut Dari Rumah Dengan Daun Pandan dan Sirih

Cara alami mengusir kecoa dan semut di rumah | Hmmm, salah satu musuh utama kita di rumah adalah serangga. Mulai dari kecoa, semut, nyamuk, dan terkadang laron yang hanya muncul musiman. Nyamuk juga demikian, asal lingkungan kita bersih, nyamuk cenderung muncul di musim-musim tertentu. Beda halnya dengan kecoa dan semut. Mereka itu evergreen alias senantiasa ada dan bisa sangat mengganggu.

Saking populernya si semut dan kecoa, sampai ada banyak sekali merk obat anti serangga yang khusus diproduksi untuk kedua serangga ini. Mungkin hanya kalah dari produk anti rayap. Sudah berapa jenis produk anti serangga yang anda pakai untuk mengusir mereka? Hmmm, sudah banyak ternyata. Ok, mereka hilang untuk sementara waktu, dan kemudian akan datang lagi. Selalu seperti itu. Harganya lumayan mahal lagi. Waduh….

Ok, sekarang kita coba pakai alternatif alami untuk mengatasi kecoa dan semut di rumah. Iya, pakai bahan alami yang biasanya sudah ada di rumah. Daripada beli obat-obatan kimia atau insektisida yang berbahaya bagi kesehatan, mending kita coba bahan alami yang aman. Apa? Daun pandan dan Sirih.

Selain bisa digunakan untuk mengusir seranggan, daun pandan wangi dan daun sirih juga akan membuat ruangan rumah anda lebih wangi terbebas dari bau yang kurang sedap. Bagaimana cara pakainya?

Memakai daun pandan wangi

daun pandan wangi

Anda bisa memakai daun pandan wangi ini pada kamar mandi. Aroma yang tak sedap kerap kali dihasilkan oleh ruangan tersebut. Setidaknya, daun pandan wangi akan menetralisasinya. Caranya begini:

  1. Iris tipis 3-5 lembar daun pandan wangi
  2. Masukkan irisan pandan ke mangkuk atau wadah yang terbuka
  3. Letakkan wadah di atas kloset, rak, atau ambalan yang ada di area kering

Wangi daun pandan akan menyebar di kamar mandi. Untuk kamar mandi kecil, maksimal 5 m2, cukup diletakkan satu wadah. Namun, jika ruangan cukup luas, letakkan dua atau tiga wadah di tempat-tempat berjauhan. Wangi pandan akan bertahan tiga hari sampai seminggu. Gantilah dengan irisan yang baru jika wangi sudah tak lagi tercium.

Memakai daun sirih

daun sirih

Anda bisa memakai daun sirih sebagai pengharum. Seperti kita ketahui, daun ini banyak khasiatnya, salah satunya bisa sebagai pengusir semut. Bagaimana caranya?

  1. Letakkan beberapa lembar daun sirih di tempat yang sering diserbu oleh semut. Misalnya, area dekat penyimpanan gula atau bumbu dapur lainnya
  2. Biarkan semalam. Semut pun bubar, tak terlihat lagi
  3. Jika sirih layu, Anda dapat menggantinya dengan yang segar

Nah, mudah bukan….

Sumber: www.ideaonline.co.id

Posting Komentar untuk "Mengusir Kecoa dan Semut Dari Rumah Dengan Daun Pandan dan Sirih"