Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Design Interior Rumah Modern

Baru saja beli rumah? Atau berencana melakukan renovasi rumah? Tentu anda membutuhkan ide desain interior rumah modern. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan sendiri untuk membuat rumah tampil lebih cantik dan nyaman ditinggali. Terutama ketika berurusan dengan desain interior rumah.

Eksterior rumah itu penting, karena dari luar-lah rumah dilihat orang. Tapi itu urusan orang yang melihat to? Jika kita puas dan senang dengan bagaimana tampak depan rumah, ya sudah, itu sudah cukup.

Lain lagi dengan interior rumah. Di dalam rumah-lah kita akan menghabiskan waktu bersama anggota keluarga yang lain. Dari luar rumah terlihat bagus, tapi ternyata begitu kita di dalam, hmmm….

Mendekorasi rumah itu seni. Ada sisi kenyamanan, keindahan, peningkatan fungsi, dan kesatuan dengan keseluruhan arsitektur rumah. Mendesain dan mendekorasi itu tipis sekali bedanya.

Dekorasi rumah lebih dekat pada usaha untuk membangun suasana ‘rumah’, seperti memilih warna cat, wallpaper, tata cahaya, pemilihan warna korden dan pernik-pernik perlengkapan rumah. Sementara desain interior lebih pada penyatuan komponen rumah dengan desain umumnya, penentuan tata dan letak ruang, dan penempatan pintu serta jendela.

ruang yang luas dan lega

credit foto: http://www.iseecubed.com/

Keduanya memang harus berjalan bersama. Artinya, ketika mendesain interior rumah, juga harus mempertimbangkan bagaimana nanti akan didekorasi. Minimal gambaran kasarnya-lah.

Ok, berikut ini beberapa tips ide desain interior rumah modern yang bisa kita pakai supaya semakin nyaman kita tinggali.

Ruang yang lebih lega

Jika anda menginginkan ruang yang lebih lega, luas, dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang bagus, berikut ini hal-hal yang bisa anda lakukan demi terciptanya kesan ‘luas dan lega’ itu tadi:

Hilangkan kesan bayang-bayang

Baik jika ruang anda itu memang luas, atau sempit, bayangan yang tercipta di dinding atau lantai bisa membuat ruang anda terbagi-bagi. Gunakan penerangan yang lembut atau maksimalkan sumber cahaya dari luar.

Hindari penerangan dari plafon yang terlalu kuat

Cahaya dari atas, baik itu dari genting kaca atau lampu yang terlampau kuat dari plafon akan membuat plafon jadi terlihat lebih rendah. Sebaiknya gunakan lampu yang terangnya lembut. Jika mungkin, tempatkan lampu pada dinding.

Hindari permukaan yang bertekstur

Tekstur pada dinding dan plafon itu memang bagus untuk membangun ‘feel’ dari ruangan. Tapi ada syaratnya, ruang tersebut memang secara fisik luas. Jika ruang anda sempit, tekstur pada dinding dan plafon malah akan membuatnya terlihat sempit karena berpotensi memunculkan bayang-bayang.

Hindari lantai bertekstur atau berwarna gelap

Alasannya sama sebenarnya. Sebagai pilihannya, gunakan lantai dari bahan keramik atau granit yang polos tanpa pola. Demikian juga kalau anda mau memasang karpet. Pilih saja yang warnanya soft dan sedikit terang, semisal krem, abu-abu, atau warna-warna pastel.

Plafon haruslah menjadi tempat yang warnanya paling terang. Pilihlah perabot ruang yang polos-polos saja tanpa pola. Anda bisa pilih yang warnanya senada dengan warna cat dinding dan lantainya.

Bagaimana? Apakah anda punya ide desain interior lain lagi untuk membuat ruang terlihat lebih luas?

2 komentar untuk "Ide Design Interior Rumah Modern"

ranselbiroe 20 Januari 2015 pukul 06.12 Hapus Komentar
ada gak sih aplikasi offline yg MB nya gak terlalu gede dan aplikasinya saat kita membuat denah rumah atau gedung dimana bisa langsung terakses harga bahan dn alat yg digunakan
deenesia 23 Agustus 2015 pukul 09.50 Hapus Komentar
Hehe, saya belum nemu aplikasi yang seperti itu mas....
Untuk RAB kan perhitungannya juga harus selalu uptodate dengan perubahan harga bahan bangunan terkini mas....