Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mencari Tukang Bangunan Yang Murah Hasil Kerja Bagus

Tips Mencari Tukang Bangunan Yang Murah Hasil Kerja Bagus | Seandainya kita itu orang yang serba bisa, tentu urusan membangun atau merenovasi rumah itu akan kita selesaikan sendiri. Mengingat biayanya yang besar. Juga terkait dengan cara kerja, kecepatan, dan kualitas pekerjaan tersebut. Membangun rumah itu investasi jangka panjang. Meski investasi disini tidak terkait langsung dengan uang, kecuali anda berniat merenovasi rumah untuk menjualnya.

Karena kemampuan kita terbatas, keahlian dan juga waktu yang tidak ada, mau tidak mau, kita memerlukan bantuan tukang bangunan untuk membangun rumah atau memperbaiki rumah. Mulai dari yang kecil-kecil, seperti memperbaiki talang, membangun pagar, mempercantik teras, dan banyak lagi untuk rumah kita. Nah, pertanyaannya, apakah ada tips menemukan tukang bangunan yang hasil kerjanya bagus tapi bisa bekerja dengan cepat dan murah? Ini memang bukan perkara mudah. Terlebih karena ini urusannya dengan manusia yang memiliki banyak sekali kemungkinan. Pernah dengar tetangga atau kenalan anda kecewa dengan tukang bangunan yang dia gunakan jasanya? Anda tidak mau seperti mereka to? Berikut ini beberapa tips yang coba saya sarikan dari Kompas dan pengalaman saya sendiri.

memasang batu-bata

credit foto: http://spiritmindset.com/

Cari rekomendasi pada teman atau saudara

Ini adalah salah satu cara kita mendapatkan tukang bangunan yang terbaik. Tentu saja kita masih harus tetap hati-hati, karena bisa saja teman atau saudara kita itu memakelari tukang tersebut. Jika begitu adanya, bisa menimbulkan kerumitan di ujung-ujungnya. Bertanyalah pada teman atau saudara yang anda percaya tidak akan menjerumuskan anda.

Perhatikan hasil kerja tukang dari yang sudah jadi

Kita perlu bukti, apakah orang tersebut benar-benar tukang yang bagus. Jangan ragu untuk menyisihkan waktu melihat rumah atau bangunan yang pernah dikerjakan tukang tersebut. Seperti halnya pekerjaan yang lain, kita perlu lihat hasil kerja atau portofolionya. Jika ragu, mending cari yang lain, lalu bandingkan.

Bicarakan semuanya diawal lalu buat perjanjian

Ini memang terdengar kasar. Tapi mau bagaimanapun, anda adalah pihak yang akan menerima hasilnya. Dan harus diakui soal catat-mencatat atau perjanjian, kita sangat lemah. Rasa rikuh dan sungkan menjadi alasan utama. Dan pembicaraan yang kita lakukan dengan tukang menjadi inti dari pekerjaannya. Jika ada yang meleset, selesailah kita. Tidak bisa menuntut macam-macam. Biasanya ini tentang biaya. Jadi sebelum semuanya terlambat dan salah kaprah karena tidak ada kejelasan, bicarakan dan usahkan semua sejelas mungkin bagi anda dan juga si tukang.

Jika anda tegas dengan tukang anda, ada konsekuensinya juga, anda harus tegas pula dengan diri anda sendiri. Upayakan tidak sering mengubah-ubah rencana yang sudah anda bicarakan dengan pak tukang, ini bisa membuat tukang anda merasa tidak dihargai dan akibatnya bisa buruk. Anda tentu tahu bagaimana rasanya punya bos yang sering mencela (maksudnya mencela-mencele – alias terlalu mudah berubah).

Tentukan waktu dan biaya serta spesifikasi bangunan di awal

Ini tidak hanya akan membuat anda merasa aman dari gelembungan biaya yang membengkak di tengah waktu pembangunan, tapi juga membuat tukang anda lebih mudah membagi pekerjaan dan mengatur prioritas.

Lakukan pengawasan

Lakukanlah pengawasan pengerjaan bangunan anda. Berikan evaluasi dan tanyakan kira-kira bagian tertentu akan selesai dalam waktu berapa lama. Sedikit memuji juga bisa membuat mereka lebih bersemangat bekerja. Jika mungkin berikan makanan kecil atau kopi sesekali meskipun itu tidak ada dalam kontrak.

Tidak perlu ragu dan sungkan memberi teguran

Jika ada yang kurang pas, atau ketidaksesuaian dengan rencana awal, segeralah beri masukan kepada tukang anda. Jangan menunda sampai kesalahan itu membuat anda harus mengeluarkan anggaran lebih lagi karena sudah parah atau memaksa anda melakukan penyesuaian. Semakin cepat anda beritahukan, maka kemungkinan ada kekeliruan akan semakin kecil.

Semua tukang akan berusaha memakai bahan material yang mahal

Kecuali tukang anda itu berniat untuk mencurangi anda, mereka akan berusaha untuk memakai bahan atau material yang terbaik yang bisa didapat. Terkadang pilihan bahan yang mereka ajukan lebih dari yang anda sanggup beli, Mengapa? Karena mereka juga berupaya untuk menjaga kualitas bangunan yang mereka kerjakan demi reputasi dan nama baik mereka sendiri. Jadi manfaatkanlah itu senyampang tidak membuat anggaran anda lipat tiga kali.

Hehe, seperti itu tips-nya. Semoga membantu.

3 komentar untuk "Tips Mencari Tukang Bangunan Yang Murah Hasil Kerja Bagus"

Unknown 23 Maret 2015 pukul 21.28 Hapus Komentar
Lowongan Kerja Tukang Bangun & Renovasi Rumah (Project sekitar 2-3 bulan). Lingkup Pekerjaan antara lain pasang/bongkar keramik, lantai kayu parket, cat dinding, plafon, pipa air, kamar mandi, pasang wallpaper, perbaiki atap bocor, dll.
Tukang Personal - pekerja langsung, bukan kontraktor, mandor atau borongan. 
Bersedia ditempatkan di luar kota / berpindah2x sesuai lokasi bangunan yang akan dikerjakan. 
Berpengalaman dan bisa bekerja mandiri dan tepat waktu.
Gaji per bulan 2 - 6juta (disesuaikan dengan pengalaman & kemampuan/keahlian)
Kirimkan CV, Resume, Contact Number, BBM, email, permintaan gaji ke :bangunreno@yahoo.com
(Lowongan ditutup Mei 2015)
Admin 21 Februari 2017 pukul 09.54 Hapus Komentar
Mencari tukang yang bagus dan bertanggungjawab memang sulit, apalagi di kota-kota besar yang notabene tidak ada tukang kecil.

Tukang Bangunan Surabaya - Malang professional
Melayani jasa pertukangan mulai dari skala kecil hingga besar.
Hub kami Telp/sms/wa : 0856-4830-6011
Ahmad Sutrisno 10 April 2017 pukul 09.17 Hapus Komentar
Silahkan bpk/ibu yang sedang mencari tukang bangunan untuk membangun rumah, ruko, gudang, kos-kosan, dapur, pagar, renovasi, dll. Wilayah banjarbaru dan sekitarnya bisa menghubungi saya di 085386751781, upah+bahan atau upahnya saja, kepercayaan anda adalah tanggung jawab saya , kepuasan anda adalah tujuan saya, mohon disimpan nomor di atas mungkin nanti sampean memerlukan jasa saya. Terimakasih