Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meredam Panas Dengan Aluminium Foil Pada Atap Rumah

Ada beberapa cara membuat rumah tetap sejuk. Bisa dengan memperbaiki ventilasi alias sirkulasi udara, membuat taman di dalam rumah, dan yang paling umum: pasang AC. Betul juga sih, hanya saja meski rumah jadi lebih adem, tapi akan ada tambahan biaya karena pengeluaran untuk listrik setiap bulannya. Penggunaan AC juga bukan jalan terbaik karena relatif tidak ramah lingkungan serta kurang bagus untuk kesehatan (terutama kulit) untuk penggunaan terus menerus dan lama.

Rumah yang sejuk, sebaiknya dimulai ketika kita berangkat memilih lokasi, merancang, dan menentukan bahan bangunannya. Ini idealnya. Yang sering kita alami, pilihan mengenai tempat itu semakin sulit. Lebih sering kita terbentur dengan lokasi yang seadanya, sebaik yang kita mampu beli. Jadi kemungkinan membangun rumah yang sejuk ini jadi hanya tergantung pada rancang bangun dan bahan. Nah, salah satu bahan yang sekarang semakin populer digunakan untuk meredam panas adalah aluminium foil.

Aluminium foil dipasang pada atap untuk mengurangi rambatan panas sinar matahari. Bahan ini juga secara baik memantulkan panas matahari. Di pasaran, anda bisa menemukan aluminium foil berbentuk lembaran yang memang merupakan produk insulasi panas. Harganya terjangkau dan mudah didapat, termasuk pula cara pemasangannya.

Efektifitas Aluminium Foil untuk meredam panas

Aluminium foil mampu memantulkan panas hingga 97%. Namun ini juga sangat dipengaruhi oleh jenis, tebal, dan banyaknya lapisan. Semakin berlapis, maka dia akan semakin efektif pula meredam panas.

Dibandingkan dengan biayanya, lembaran aluminium ini cukup efektif menahan panas walaupun harus tetap memperhatikan ventilasi/bukaan yang ada.

Alternatif Aluminium Foil

Aluminium Foil bukanlah bahan satu-satunya yang dikenal baik digunakan sebagai insulator panas. Anda masih punya pilihan lain sebagai alternatifnya. Misalnya insulasi berbahan serat selulosa hasil daur ulang kertas. Ada yang berupa bubur yang disemprotkan ke atap, ada pula bentuk serat yang telah dipadatkan menjadi panel.

Produk insulasi serat selulosa, produk yang dihasilkan dari limbah koran ini mampu menghasilkan redaman panas yang cukup signifikan. Produsen mengklaim mampu menghalau panas 2ºC hingga 8ºC. sumber: www.ideaonline.co.id

Posting Komentar untuk "Meredam Panas Dengan Aluminium Foil Pada Atap Rumah"