Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Freezer Supaya Bersih Tidak Berbau

Cara menghilangkan bau dari freezer | Setelah digunakan beberapa lama, ada kecenderungan freezer jadi berbau. Biasa, kita sering lupa bahan apa saja yang kita simpan di dalamnya. Bahkan ada beberapa bahan makanan yang sampai berbulan-bulan tidak pernah keluar dari dalamnya. Tidak dipakai tapi tetap disimpan. Dan bau itu menjadi suatu keniscayaan. Peh!

Nah, lakukan beberapa langkah berikut ini supaya freezer anda terbebas dari bau.

Yang pertama, tentu saja membersihkannya. Keluarkan semua dari dalam lemari es. Semuanya. Tidak ada perlunya menyisakan apapun. Tapi jangan lupa cabut dulu kabel daya si kulkas, supaya jika ada bunga es bisa mencair sampai tuntas. Nah, sambil menunggu mencair, anda bisa keluarkan semuanya.

Terkadang ada sisa es yang menempel. Sebaiknya tidak menggunakan pisau atau yang semacamnya untuk mempercepat proses perontokannya. Lebih baik gunakan kayu atau bahan lain yang keras tapi tidak tajam. Jika ada, anda boleh juga menggunakan hair dryer.

Selanjutnya, silahkan bersihkan bagian dalam lemari es dengan kain sampai bersih. Jika mungkin gunakan kain berwarna putih. Bukan apa-apa sih, hanya puas saja melihat kotoran bisa terangkat dengan sempurna dari dinding kulkas anda.
membersihkan lemari es
Jika anda noda sisa makanan yang membandel, gunakan campuran cuka dengan air dengan perbandingan satu bagian cuka dan tiga bagian air. Jika sudah bersih, bilaslah dengan air bersih.

Anda juga bisa menggunakan baking soda. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan beberapa sendok makan air. Ini lebih murah, aman, dan ramah lingkungan dibanding jika anda memakai pembersih berbahan kimia khusus yang harus anda beli. Kalau di rumah sudah ada, kenapa harus beli lagi?

Tunggu sampai lemari pendingin anda itu kering benar. Kembalikan lagi bahan-bahan ‘simpanan’ anda sembari memilah mana yang bisa dibuang karena sudah terlalu lama dan tidak layak konsumsi, dan mana yang masih layak digunakan.

Terakhir, masukkan penghilang bau yang dapat anda beli di minimarket supaya bau tidak sedap tidak kembali lagi. Lakukan ini setidaknya 3 bulan sekali. Jika anda termasuk orang yang sangat pemilih, rata-rata anda baru perlu melakukannya lagi setelah 6 bulan.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Freezer Supaya Bersih Tidak Berbau"