Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Cat Dinding Berjamur, Mengelupas, dan Luntur

Cara Mengatasi Cat Dinding Berjamur, Mengelupas, dan Luntur | Apakah cat dinding anda berjamur, mengelupas, atau luntur? Ketiga hal itu bisa terjadi pada cat dinding yang sudah lama ataupun yang baru saja diaplikasikan. Biasanya sih cat yang bermasalah tadi terletak pada daerah yang basah dan lembab seperti di samping kamar mandi. Tentu tidak nyaman melihat tembok anda belang-belang cokelat hitam atau malah hijau saking suburnya lumut di situ.

Apa penyebab dinding dalam rumah sampai lumutan?

Penyebabnya ya karena lembab, sirkulasi udara tidak baik. Selain itu, seringkali karena tembok luar tidak diplester dengan baik. Kemungkinan lain karena posisi tembok itu tidak memungkinkan untuk bisa kering. Misalnya karena di ‘belakang’ tembok tadi bukan ruang kosong melainkan tanah karena posisi tanah di mana bangunan rumah kita itu berdiri tidak rata. Yang ini agak susah. Tapi masih bisa diatasi kog.
Meskipun kondisi lingkungan tidak terlalu bagus untuk kesehatan dinding dan catnya, tapi cara mengatasinya kurang lebih sama. Harus telaten, gunakan bahan yang bagus, perhatikan kondisi sekeliling dengan seksama.

Sebelum melakukan pengecatan, perhatikan hal-hal berikut ini:
  • Jika anda akan mengecat ulang dengan warna berbeda dari warna cat sebelumnya, jangan langsung ditimpa. Di kerok terlebih dahulu sampai bersih. Atau kalau mau mudah dan cepat di gosok dengan kertas gosok sampai bersih. Kenapa begitu? Penumpukan unsur kimia dari cat lama dan cat baru bisa memunculkan warna yang tidak sesuai dengan perkiraan anda. Selain itu, sangat mungkin beberapa bagian dari cat lama sudah tidak menempel dengan baik.
  • Lebih baik mengecat dua kali tipis-tipis dari pada mengecat sekali jalan langsung tebal. Lakukan pengecatan pertama tipis saja. Tunggu sampai kering, lalu lakukan pengecatan kedua.
  • Bersihkan benar-benar semua bagian yang mengelupas, berdebu, atau berlumut.
  • Gunakan produk yang baik untuk mencegah tumbuhnya lumut.
  • Jika cat anda ngelonthok, kemungkinannya karena cat sebelumnya tidak di bersihkan, dan karena kelembaban yang sangat tinggi. Jika sangat bermasalah, coba hilangkan plesteran sampai ke dinding, lapisi dengan gipsum, baru di plester lagi sampai pengecatan selesai.
  • Perhatikan peruntukan cat yang anda beli. Jika cat itu untuk interior ya gunakan untuk dalam ruangan. Jika untuk ekterior ya gunakan untuk mengecat tembok luar bangunan rumah anda.
  • Sebelum mengecat bersihkan dahulu dengan lap basah supaya debu-nya hilang. Tunggu hingga kering.
Proses pengecatan dari awal amat berpengaruh pada cat dinding tersebut kemudian. Untuk itu ada beberapa aturan baku yang hendaknya tidak diabaikan jika ingin mendapatkan kualitas hasil cat dinding yang bersih dan bebas masalah.

4 komentar untuk "Mengatasi Cat Dinding Berjamur, Mengelupas, dan Luntur"

Tia 30 Maret 2015 pukul 16.03 Hapus Komentar
Nice Tips yang bermanfaat TQ
cat mengelupas 14 Februari 2017 pukul 10.27 Hapus Komentar
Thanks infonya sangat bermanfaat. Ditunggu update terbarunya
Cat mengelupas 20 April 2017 pukul 10.53 Hapus Komentar
Nice info! Kujungi balik, ya :) Mengenai Cat mengelupas..
Unknown 29 Januari 2018 pukul 21.42 Hapus Komentar
Pine oil nya sama ga dengan minyak pinus murni