Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Cat Dinding Sendiri

Ingin membuat cat dinding sendiri? Selain karena alasan menghemat anggaran renovasi rumah, membuat cat dinding sendiri juga memungkinkan kita mengontrol kualitas cat tersebut sesuai dengan kebutuhan cat ruangan di rumah kita.

Penggunaan cat bikinan sendiri juga merupakan salah satu keunggulan dari para pekerja pengecatan rumah. Karena mereka bisa memberi layanan lebih kepada pelanggannya tanpa perlu mengurangi kualitas hasil pekerjaannya. Beberapa dari mereka mengakui bahwa penggunaan cat hasil campuran mereka sering kali tidak kalah atau bahkan lebih baik dari cat hasil racikan pabrik dari harga sedang.

Memang untuk mengalahkan kualitas cat yang harganya mahal agak susah. Tapi tentu saja konsumen juga paham betul, harga membawa kualitas. Bagaimana dengan anda?

Anda yang tahu betul ingin seperti apa kualitas cat yang akan anda aplikasikan di dinding rumah anda.

Berikut dengan takaran, warna, dan digunakan untuk interior atau eksterior. Masih ingin membuat cat dinding sendiri? Berikut ini caranya:

Siapkan dahulu bahan-bahannya:
  1. cat dinding buatan sendiriCaCo3 Calcium Carbonate 2 kg
  2. TiO2 Titan Dioksida 2 ons
  3. P.V.A.C. Propylene Vinyl Acrylic 1 kg
  4. H2 O Air ¾ liter
  5. Pigment Color – Secukupnya
  6. Kaolin - 1 kg
  7. Pine Oil - 10 cc
Langkah pembuatan cat dinding:
  1. Larutkan CaCo3 dengan air (H2O) dan P.V.A.C. Aduk sampai merata benar. Jika memungkinkan aduklah dengan mixer yang biasa dipakai untuk mengaduk adonan kue.
  2. Masukkan TiO2 pelan-pelan sambil terus diaduk sampai benar-benar rata.
  3. Selanjutnya masukkan Kaolyn sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai senyawa.
  4. Nah, sekarang giliran pewarna atau pigment color yang anda inginkan sebanyak yang anda mau. Semakin banyak pewarna, anda akan mendapatkan warna yang lebih pekat. Jangan lupa aduk terus. Sekarang anda sudah mendapatkan cat mentah atau biasa disebut sebagai blank point. Bukan Point Blank yang game FPS itu loh….
  5. Selanjutnya tambahkan Pine Oil agar warna cat tidak berubah ketika ditambah dengan air. Aduk hingga merata. Cat siap digunakan.
Keterangan:
  • CaCo3 berbentuk berupa tepung putih, sifatnya mudah larut dengan air, dan senyawa dengan kulit manusia.
  • TiO2 bentuknya juga berupa tepung putih, tapi sifatnya lengket, mudah senyawa dengan air (H2 O), dan tidak senyawa dengan kulit manusia. Jadi, TiO2 jika terkena kulit akan sulit menghilangkannya, berbeda dengan CaCo3 yang mudah untuk dibersihkan meskipun terkena kulit manusia.
  • P.V.A.C. bentuknya putih lengket, berfungsi sebagai perekat/penguat cat tembok agar tidak luntur.
  • Piqment Colour adalah warna khusus untuk membuat cat tembok, tapi jenis warna ini juga bisa digunakan untuk sablon kaos/kain, pemilihan warna bisa disesuaikan dengan selera.
  • Kaolyn bentuknya berupa tepung putih tetapi agak kotor, bahan ini terbuat dari tanah putih, dan fungsinya disini adalah hanya untuk memperbanyak saja.
  • Pine Oil fungsinya sebagai penguat warna dan aroma cat tembok.
Bagaimana? Sudah siap membuat cat dinding sendiri? Untuk membeli bahan-bahan diatas, anda bisa mendapatkan di toko-toko bangunan di sekitar tempat tinggal anda. Jika tidak ada, silahkan coba di toko kimia.

2 komentar untuk "Cara Mudah Membuat Cat Dinding Sendiri"

Unknown 12 April 2015 pukul 05.20 Hapus Komentar
bagus juga blognya.
Unknown 27 September 2017 pukul 19.50 Hapus Komentar
Terima kasih informasinya mengenai pembuatan cat tembok. sudah lama saya mencari info mengenai resep membuat cat tembok. saya ingin membuka usaha rumahan untuk memproduksi cat tembok. sebelum saya order mohon info harga dari masing-masing bahan baku tersebut, sebelumnya terima kasih, Wasalam!