Tips Menata Perpustakaan Pribadi di Rumah Mungil


Tips Menata Perpustakaan Pribadi di Rumah Mungil | Jika anda hobi membaca, dan merasa sangat menikmati acara berburu buku di toko buku atau pameran, tentu koleksi buku pribadi anda banyak sekali. Jika rumah anda kecil dan sepertinya tidak tersedia cukup ruang yang bisa kita jadikan perpustakaan pribadi, maka lanjutkan membaca tips berikut ini.
Ketika kita mendengar atau membaca kata ‘perpustakaan’, yang paling jamak muncul di pikiran kita adalah sebuah ruang besar yang terang, dengan jendela besar-besar, adem, dengan buku-buku yang tertata rapi di atas rak yang berjajar, lengkap dengan meja baca dan kursinya yang nyaman.
Ok, menyimpan buku memang memerlukan cara-cara tertentu supaya dia tidak mudah rusak. Namun, tidak ada aturan juga bahwa ruang perpustakaan itu harus besar dan wah. Cukup ruangan sederhana. Yang penting buku bisa tersimpan rapi, mudah dijangkau, aman dari kelembaban, itu saja. sumber: Kompas
perpustakaan pribadi
1. Gabungkan dengan ruang lain. Perpustakaan pribadi bisa saja digabungkan dengan kamar tidur dan ruang keluarga. Yang jelas jangan di dapur, kamar mandi, dan ruang tamu (bisa banyak yang hilang, hehe…)
2. Perhatikan ventilasi udara. Pastikan ruang perpustakaan pribadi anda bisa mempunyai ventilasi udara yang baik. Selain membuat koleksi buku anda lebih awet, ventilasi yang cukup juga menjaga suhu tetap sejuk, dan bisa membuat anda nyaman berada di situ
3. Manfaatkan penerangan alami. Dengan konsep ruangan yang lebih terbuka terhadap sinar matahari, anda bisa menghemat listrik dan ruang yang lebih sehat.
4. Manfaatkan sekat ruangan dan dapatkan ruang yang terbuka. Ini demi menjaga mood anda membaca dan membebaskan anda dari perasaan terkurung dalam ruangan.
5. Tempatkan lampu di belakang, sehingga anda tidak silau dan cepat lelah ketika membaca.
6. Beri jarak yang cukup antara rak dengan dinding, supaya rak dan buku anda tidak cepat lembab dan berjamur, berbau apek, dan diserang kutu buku. Jarak ini juga akan memudahkan anda untuk membersihkan koleksi buku anda dari debu.
7. Pastikan ruang dibalik tembok dimana anda menempatkan rak buku bukanlah kamar mandi atau ruang yang bisa menyimpan air.
8. Kalau mungkin pasanglah AC, kalau tidak bisa, tempatkan saja bunga atau tanaman dalam pot di ruangan anda. Sesuaikan ukurannya dengan komposisi ruangan. Pilih tanaman yang mudah dirawat dan tidak mudah rontok. Fungsi tanaman ini memberi nuansa alami, melembutkan kesan kaku dan serius dari koleksi buku Anda, serta membantu pertukaran udara di dalam ruangan.
Bagaimana? Siap menata buku-buku dalam perpustakaan pribadi anda sendiri? Mulailah….

0 comments:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 Desain Rumah is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger